UPACARA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA YANG KE-91 TAHUN 2019

 

 

 

Cianjur, 28 Oktober 2019; Pengadilan Negeri Cianjur menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 pada hari Senin, 28 Oktober 2019 di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Cianjur. Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini mengambil tema sentral  “Bersatu Kita Maju” sesuai dengan instruksi Sekretaris Mahkamah Agung, A.S. Pudjoharsoyo kepada seluruh Pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2019. Upacara ini diharapkan dapat menyadarkan akan pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI. Upacara ini diikuti oleh seluruh Hakim, Karyawan Karyawati serta Honorer Pengadilan Negeri Cianjur. Dalam Upacara tersebut yang menjadi Pembina Upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, yaitu Bpk. Teguh Sarosa, S.H, M.H.  Pada Upacara tersebut Bpk. Ketua Pengadilan Negeri Cianjur membacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Rapat Berjenjang/ Rapat Bulanan Pengadilan Negeri Cianjur Bulan Oktober 2019

      

 

Kamis, 24 Oktober 2019 - Pengadilan Negeri Cianjur melaksanakan kegiatan Rapat Berjenjang Dan Evaluasi Kinerja Di Pengadilan Negeri Cianjur yang selalu diadakan setiap bulan. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur yaitu Bapak Teguh Sarosa, S.H.,M.H., Selain itu juga didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cianjur yaitu Bapak Taufan Rachmadi, SH., M.Hum. serta Plt. Sekretaris Pengadilan Negeri Cianjur yaitu Bapak Rahmat Darmadi, S.E. Dalam rapat tersebut membahas mengenai evaluasi kinerja satu bulan kebelakang serta perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan untuk satu bulan kedepan.

Selain itu juga dibahas mengenai kebersihan yang harus selalu dijaga agar tercipta lingkungan yang bersih dan asri serta nyaman. Juga membahas seputar permasalahan di bagian teknis kepaniteraan serta bagian kesekretariatan dan juga mengenai pentingnya pelaksanaan tugas-tugas penginputan dalam SIPP. Ketua Pengadilan Negeri Cianjur mengingatkan kepada seluruh aparatur pengadilan agar selalu tepat waktu dan patuh untuk mengisi SIPP dalam waktu 24 jam atau pada hari itu juga.

Rapat diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Mahkamah Agung dan Padamu Negeri dan ditutup dengan doa.

RAPAT KEPANITERAAN DAN JURUSITA BULAN OKTOBER 2019

 

Pada hari Kamis tanggal 10 Oktober 2019 pukul 08.30 WIB, di adakan rapat berjenjang Kepaniteraan dan Jurusita,  rapat berjenjang ini merupakan bagian dalam system akreditasi penjaminan mutu yang mensyaratkan untuk setiap Satker Pada Mahkamah Agung dan peradilan di bawahnya untuk melaksanakan system tersebut, yang nantinya hasil rapat berjenjang tersebut akan di bawa kedalam rapat bulanan/rapat pleno;

Rapat kepaniteraan ini langsung di pimpin oleh Bapak. Yusrizal, S.H.,M.H. selaku Panitera Pengadilan Negeri Cianjur Kelas IB, dengan dihadiri oleh Para Panitera Muda, para Panitera Pengganti (PP),  Juru Sita dan Juru Sita Pengganti (JS/JSP) Adapun agenda rapat yang di bacakan oleh notulen rapat Ibu Siti Farida, S.H. adalah sebagai berikut:

  1. Evaluasi hasil rapat sebelumnya oleh bapak Panitera
  2. Laporan hasil rapat berjenjang dari Para Panitera Muda
  3. Pembinaan dari Panitera
  4. Tanya jawab
  5. Kesimpulan

EVALUASI OLEH PANITERA:

Pada rapat tersebut Bapak Panitera memberikan evaluasi sebagai berikut :

  1. Kepada para Panitera Muda Perdata dan Pidana agar lebih mengingatkan Panitera Pengganti agar dalam penginputan dan penguploadan SIPP bisa lebih tepat waktu.
  2. Selebihnya sebagian sudah berjalan dengan baik.

LAPORAN HASIL RAPAT BERJENJANG PARA PANITERA MUDA:

  • Pada kesempatan paparan hasil rapat berjenjang, para Panitera Muda menyampaikan hasil rapat berjenjangnya (laporan terlampir), yang pada pokoknya semua permasalahan-permasalahan dalam rapat tingkat Unit-unit sudah sebagian besar dapat di selesaikan, dan pada rapat hari ini, para Panitera Muda juga menyampaikan beberapa hal yang dibawa kepada Rapat Panitera untuk dapat dicarikan penyelesaiannya, dan permasalahan-permasalahan tersebut akhirnya sebagaian sudah dapat diselesaikan dan disosialisasikan pada saat itu juga, namun terhadap hal yang belum dapat diselesaikan akan dibawa kedalam rapat bulanan/pleno untuk dicarikan solusinya.
  • Panitera Muda Perdata memberikan pengarahan mengenai kedisiplinan peraturan Mahkamah Agung RI nomor 6,7,9 tahun 2016 tentang kedisipinan larangan-larangan serta perintah-perintah oleh Mahkamah Agung.
  • Maklumat KMA nomor 1 tahun 2017.
  • Untuk semuanya agar ditingkatkan mengenai 5R dan 3S.
  • Untuk ditingkatkan pula mengenai kepatuhan pengisian SIPP dan keakuratan dalam penginputan data-data yang diinputnya dalam perkara perdata maupun pidana.
  • Administrasi di kepaniteraan Perdata agar di cek-cek semua registernya karena sudah ada masing-masing tugasnya agar di cek dan di isi jika ada kekosongan lalu ditutup registernya pada bulan September 2019.
  • Kemudian untuk delegasi laporan ke Pengadilan Tinggi ada untuk Oktober karena untuk laporan ke Pengadilan Tinggi disiapkan 2 bulan sekali.
  • Untuk mengenai keuangan Perdata tolong di cek di MIS jika ada tunggakan segera diselesaikan
  • Pojok E court untuk segera disiapkan agar bisa berjalan secepatnya
  • Upaya hukum di kepaninteraan Perdata semuanya sudah dibereskan dan dikirimkan.
  • Panitera Muda Hukum memberikan pengarahan sesuai saran team pengawasan dari Pengadilan Tinggi Bandung perkara yang sudah BHT baik dibagian perdata maupun dibagian Pidana agar segera disrsipkan ke bagian hukum.
  • Ada perkara yang belum diarsipkan nomor 295/Pid.B/2018/PN Cjr. (LLAJ) kasasi, 48/Pdt.G/2015/PN Cjr. PK, 56/Pdt.G/2016/PN Cjr. PK.
  • Panitera muda Pidana memberikan pengarahan tentang maklumat Mahkamah Agung RI nomor 1/Maklumat/KMA/IX/2017.
  • Untuk seluruh staff Kepaniteraan Pidana agar selalu mengisi register tepat waktu dan mengecek kembali setelah selesai mengisi register.

PEMBINAAN OLEH PANITERA:

Pada rapat tersebut Bapak Panitera memberikan pembinaan/arahan sebagai berikut:

  1. Untuk Panitera Pengganti dan jurusita penginputan SIPP harus real time (sesuai dengan waktu sesungguhnya);.
  2. Mengingatkan kembali kepada semuanya tentang PTSP khusus kepada para Panitera Muda untuk selalu mengawasi pelaksanaan petugas/stafnya yang ada di PTSP, agar benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik, karena PTSP Pengadilan adalah wajah/cermin dari kantor Pengadilan Negeri Cianjur, karena semua pelayanan Peradilan pada masyarakat pencari keadilan ada pada meja PTSP tersebut, jadi petugas yang ada disana di harapkan wajib menguasai tugas pokok dan Fungsi dari bagian-bagiannya masing-masing, juga dapat memberikan pelayanan yang ramah sesuai dengan system akreditasi yaitu 3-S (senyum, salam dan sapa), sehingga outputnya dapat memberikan pelayanan maximal/memuaskan kepada masyarakat.
  3. Pada kesempatan itu juga diingatkan kepada semua Panitera Pengganti dan Jurusita untuk selalu Disiplin dalam penginputan dan penguploadan perkaranya kedalam SIPP dimana Panitera Pengganti harus mengupload setiap Berita Acara persidangan dengan Real time (waktu sesungguhnya), karena SIPP adalah sumber segala informasi yang pada setiap Pengadilan.
  4. Selanjutnya pada kesempatan itu juga panitera mengingatkan kembali tentang PERMA 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan atasan langsung di lingkungan MA RI dan Badan Peradilan dibawahnya, dan SK KMA No. 122/2013 tentang kode etik Pedoman dan Perilaku Panitera dan jurusita, dan  terhadap aturan tersebut panitera mengingatkan untuk selalu menghayati dan mengamalkan aturan-aturan tersebut diatas, dan menegaskan untuk jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang tercela dengan cara selalu mengingat Allah SWT, Insya Allah kita akan terhindar dari hal-hal yang melanggar, dan mengingatkan juga supaya dapat disiplin, baik jam kerja maupun jam pulang sebagaimana aturan jam kerja yang telah ditentukan.

Pada kesempatan rapat ini juga diberikan kesempatan kepada semua peserta rapat untuk menyampaikan pertanyaan, pendapat atau sarannya, dan setelah tidak ada lagi yang mengajukan pertanyaan, selanjutnya dibacakan hasil kesimpulan rapat hari ini:

Kemudian untuk mengakhiri rapat pagi hari ini, Bapak Panitera mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah mengikuti rapat Bulanan Kepaniteraan ini, serta menghimbau supaya   jajaran Kepaniteraan dan Jurusita Pengadilan Negeri Cianjur bekerja dengan profesional dan ikhlas dengan tetap menjaga kekompakan dan rasa kekeluargaan;

Kemudian rapat ditutup oleh Ibu Siti Farida, S.H., selaku Notulen rapat tepat pada pukul 10.00 WIB ;

Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019

Cianjur, pada hari Selasa tanggal 1 Oktober 2019, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cianjur Bapak Taufan Rachmadi, S.H., M.Hum. memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Pengadilan Negeri Cianjur dengan Tema "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia"

Sosialisasi SIPP 3.3.0 dan SPPT TI Pada Pengadilan Negeri Cianjur

 

Rabu, 25 September 2019; Pengadilan Negeri Cianjur melakukan kegiatan Sosialisasi SIPP Versi 3.3.0 serta Sosialisasi SPPT TI yang dipaparkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur yaitu Bapak Teguh Sarosa, SH., MH., Panitera Muda Perdata Bapak Yaya Hendayana, SH., MH., dan Kasubag PTIP Bapak Taufan Firmansyah, ST., MH. Dalam Sosialisasi tersebut dipaparkan mengenai Pengertian dan Tujuan dari SPPT TI, mengenai teknis prosedur penanganan perkara secara elektronik serta teknis penggunaan SIPP verssi terbaru;

Dalam Penyampaiannya Ketua Pengadilan Negeri Cianjur menyampaikan terkait SPPT TI yaitu satu kesatuan rangkaian dari sistem manajemen perkara pidana (proses penyelidikan, penyidikan, penuntutan, persidangan dan pelaksanaan putusan atau penetapan) yang melibatkan Komponen Peradilan Pidana (Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Lapas) dengan memanfaatkan teknologi informasi yang menghasilkan data dan informasi yang bermanfaat dalam proses penegakan hukum yang berkeadilan. 

Sampai dengan saat ini, tanggung jawab Mahkamah Agung dalam SPPT TI meliputi pemenuhan 5 (lima) jenis dokumen beserta elemen-elemen datanya (versi ringkas) yang harus dikirimkan ke Pusat Pertukaran Data SPPT TI .

Kelima jenis dokumen tersebut adalah sebagai berikut :
1. Penetapan Majelis Hakim
2. Penunjukan Panitera Pengganti
3. Penetapan Hari Sidang Pertama
4. Petikan Putusan Pengadilan
5. Salinan Putusan Pengadilan

Setelah masing-masing narasumber memberikan penjelasan, kemudian Sosialisasi disimpulkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur serta ditutup.

 

Kontak & Informasi !